Jumat, 15 Mei 2009

sistem saraf

SISTEM SARAF

Sistem saraf sangat berperan dalam iritabilitas tubuh.(kemampuan menanggapi rangsangan ) kemampuan menanggapi rangsangan memungkinkan kita dapat menyesuaikan diri dan menanggapi perubahan- perubahanyang tewrjadi pada lingkungan kita.

- fungsi sistem saraf pada manusia adalah sebagai berikut :

- Mengatur organ –organ atau alat-alat tubuh kita agar terjadi keserasian kerja.

- Menerima rangsangan sehingga kita dapat mengetahui dengan cepat keadaan dan perubahan yang terjadi di sekitar kita.

NEURON (SEL SARAF )

Sistem saraf tersusun oleh berjuta-juta sel saraf yang di sebut neuron. Dan mekanisme penhantar an impuls.

STRUKTUR DAN FUNGSI NEURON

Fungsi neuron adalah mengirimkan pesan ( impuls ) yang berupa rangsangan atau tanggapan . setiap neuron terdiri dari satu badan sel, dendrit, dan akson.

BADAN SEL

Badan sel merupakan bagian neuron yang di dalamnya terdapat sitoplasma dan inti sel . inti sel bewarna pucat , denan anak inti (neukleus )yang terdapat di dalamnya.

DENDRIT

Dendrit merupakan penjuluran pendekyang keluar dari badan sel . Dendrit umumnya bercabang-cabang . Dendrit berfungsi membawa rangsangan menuju badan sel.

AKSON (NEURIT )

Akson merupakan penjuluran panjang yang keluar dari badan sel . Akson berfungsi menghantarkan rangsangan dari badan sel ke neuron lain.

SELUBUNG MIELIN

Selubung mielin berfungsi sebagai pelindungdan juga memberi nutrisi pada akson. Sel schwann membantu regenerasi akson yang rusak. Selubung mielin tidak membungkus akson secara keseluruhan Bagian atau titik akson yang tidak terbungkus selubung mielin adalah disebut nodus ranfier.

SISTEM SARAF PUSAT

Sistem saraf pusat terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang otak dilindungi oleh tulang tengkorank yang keras sedangkan sumsum tulang belakang dilindungi oleh ruas-ruas talang belakang..Otak juga dilindungi oleh selaput meningitis .selaput meningitis terdiri dari tiga lapisan yaitu lapisan paling luar disebut durameter , lapisan tengah disebut arachnoid, dan lapisan paling dalam disebut piameter. Otak di bedakan menjadi otak besar. Otak kecil, dan otak tengah . sedangkan sumsum dibedakan menjadi sumsum tulang belakang dan sumsum lanjutan .

OTAK BESAR (CEREBRUM)

Otak besar memiliki permukaan yang belipat- lipat . otak besar merupakan pusat pengaturan ingatan ,kecerdasan, dan keinginan . Otak besar merupakan sumber kegiatan atau gerakan yang kita sadari (sesuai kehendak kita )Otak besar terdiri dari beberapa bagian yaitu bagian belakang, bagian samping, bagian depan ,dan bagian tengah. Otak bagian belakang berperan sebagai pusat pengelihatan . Bila bagian ini rusak , seseorang akan mengalami kebutaan. Otak di bagian samping terletak di sebelah atas telinga berperan sebagai pusat pendengaran. Kerusakan di bagian ini akan mengalami tuli. Otak bagian depan berperan sebagai pusat gerakan otot,. Otak bagian tengah (antara bagian belakang dan depan ) berperan sebagai pusat perkembangan kecerdasan dan ingatan .

OTAK KECIL (CEREBELLUM )

Otak kecil berfungsi mengkordinasikan gerakan otot yang disadari. Dan pusat keseimbangan tubuh.

OTAK TENGAH (MESENCEPHALON )

Otak tengah terletak di depan otak kecil dan jebatan farol. Bagian atas otak tengah merupakan pusat refleks mata dan pusat pendengaran. Di depan otak tengah terdapat talamus dan hipotalamus . talamus merupakan stasiun pemancar bagi rangsangan- rangsangan yang mencapai korteks dari bagian otak yang lain dan saraf tulang belakang . hipotalamus merupakan pusat pengaturan suhu tubuh , lapar (selera makan ) , dan keseimbangan cairan tubuh .

SUMSUM LANJUTAN (MEDULA OBLANGATA )

Sumsum lanjutan di sebut juga sambung atau batang otak . sumsum lanjutan berfungsi menghantarkan impuls yang datang dari sumsum tulang belakang ke otak . sumsu lanjutan merupakan pusat pengaturan pernapasan , denyut jantung, pelebaran dan penyempitan pembuluh darah ,gerak alat pencernaan, dan sekresi kelenjar pencernaan, menelan, batuk, bersin, bersendawa,, dan muntah juga diatur oleh sumsum lanjutan.

SUMSUM TULANG BELAKANG (MEDULA SPINALIS )

Sumsum tulang belakang sebagai pengaturan gerak refleks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar